Hari/Tgl : Kamis, 24 Juli 2025
Tabiik Puunnn...
صباح الخير ... كيف حالكم؟
I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
📖 Belajar Membaca Surat Al-‘Alaq (Ayat 1–5) Bersama Teman
📚 Materi Pembelajaran Surat Al-‘Alaq (Ayat 1–5):
Ayat | Tulisan Arab | Latin | Arti |
---|---|---|---|
1 | اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ | Iqra' bismi rabbika alladzi khalaq | Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan |
2 | خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ | Khalaqal-insāna min ‘alaq | Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah |
3 | اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ | Iqra’ wa rabbukal-akram | Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia |
4 | الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ | Alladzi ‘allama bil-qalam | Yang mengajar (manusia) dengan pena |
5 | عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ | ‘Allamal-insāna mā lam ya‘lam | Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya |
🎧 Langkah Pembelajaran dengan Model Drill & Practice dan Tutor Sebaya:
🔸 Pendahuluan (5–10 menit)
Guru menyapa dan memotivasi siswa dengan video pembuka (audio visual) tentang pentingnya membaca Al-Qur'an.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru menyapa dan memotivasi siswa dengan video pembuka (audio visual) tentang pentingnya membaca Al-Qur'an.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
🔸 Kegiatan Inti (25–30 menit)
Modeling oleh Guru:
Guru menayangkan video pembacaan surat Al-‘Alaq ayat 1–5 oleh Qari cilik.
Siswa menyimak dengan seksama sambil melihat teks Arab dan Latinnya.
Tutor Sebaya Beraksi:
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3–4 orang).
Satu siswa yang lebih lancar menjadi tutor teman sebaya.
Tutor memimpin kelompok membaca ayat per ayat dengan pengulangan (drill).
Latihan Mandiri:
Siswa berlatih membaca sendiri, lalu menirukan kembali melalui video/audio yang ditayangkan guru.
Latihan Menulis:
Siswa diminta menyalin ayat 1–5 dalam huruf Arab dan Latin di buku tulis.
Modeling oleh Guru:
Guru menayangkan video pembacaan surat Al-‘Alaq ayat 1–5 oleh Qari cilik.
Siswa menyimak dengan seksama sambil melihat teks Arab dan Latinnya.
Tutor Sebaya Beraksi:
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3–4 orang).
Satu siswa yang lebih lancar menjadi tutor teman sebaya.
Tutor memimpin kelompok membaca ayat per ayat dengan pengulangan (drill).
Latihan Mandiri:
Siswa berlatih membaca sendiri, lalu menirukan kembali melalui video/audio yang ditayangkan guru.
Latihan Menulis:
Siswa diminta menyalin ayat 1–5 dalam huruf Arab dan Latin di buku tulis.
🔸 Penutup (10 menit)
Refleksi: “Apa yang kamu pelajari hari ini?”
Guru dan siswa bersama-sama membaca ulang surat Al-‘Alaq ayat 1–5.
Guru memberikan apresiasi kepada tutor sebaya dan siswa yang aktif.
Refleksi: “Apa yang kamu pelajari hari ini?”
Guru dan siswa bersama-sama membaca ulang surat Al-‘Alaq ayat 1–5.
Guru memberikan apresiasi kepada tutor sebaya dan siswa yang aktif.
🎉 Kegiatan Tambahan (Joyful Learning):
Tebak arti ayat! Tutor memberi kata kunci, anggota kelompok menebak maknanya
Tebak arti ayat! Tutor memberi kata kunci, anggota kelompok menebak maknanya
🌟 Penutup:
Belajar Al-Qur’an itu menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bersama teman! Terus berlatih membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an, ya! Semoga Allah memberkahi ilmu kita semua 🤲
Kesimpulan
Sebagian besar murid telah mengetahui arti, jumlah surat, dan golongan surat Al-Alaq. Murid juga telah dapat membaca surat Al-Alaq dengan baik dan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar