Hari/Tgl : Kamis, 24 Juli 2025
Tabiik Puunnn...
صباح الخير ... كيف حالكم؟
I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
📖 Belajar Membaca Surat Al-‘Alaq (Ayat 1–5) Bersama Teman
📚 Materi Pembelajaran Surat Al-‘Alaq (Ayat 1–5):
Ayat | Tulisan Arab | Latin | Arti |
---|---|---|---|
1 | اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ | Iqra' bismi rabbika alladzi khalaq | Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan |
2 | خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ | Khalaqal-insāna min ‘alaq | Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah |
3 | اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ | Iqra’ wa rabbukal-akram | Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia |
4 | الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ | Alladzi ‘allama bil-qalam | Yang mengajar (manusia) dengan pena |
5 | عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ | ‘Allamal-insāna mā lam ya‘lam | Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya |
🎧 Langkah Pembelajaran dengan Model Drill & Practice dan Tutor Sebaya:
🔸 Pendahuluan (5–10 menit)
Guru menyapa dan memotivasi siswa dengan video pembuka (audio visual) tentang pentingnya membaca Al-Qur'an.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru menyapa dan memotivasi siswa dengan video pembuka (audio visual) tentang pentingnya membaca Al-Qur'an.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
🔸 Kegiatan Inti (25–30 menit)
Modeling oleh Guru:
Guru menayangkan video pembacaan surat Al-‘Alaq ayat 1–5 oleh Qari cilik.
Siswa menyimak dengan seksama sambil melihat teks Arab dan Latinnya.
Tutor Sebaya Beraksi:
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3–4 orang).
Satu siswa yang lebih lancar menjadi tutor teman sebaya.
Tutor memimpin kelompok membaca ayat per ayat dengan pengulangan (drill).
Latihan Mandiri:
Siswa berlatih membaca sendiri, lalu menirukan kembali melalui video/audio yang ditayangkan guru.
Latihan Menulis:
Siswa diminta menyalin ayat 1–5 dalam huruf Arab dan Latin di buku tulis.
Modeling oleh Guru:
Guru menayangkan video pembacaan surat Al-‘Alaq ayat 1–5 oleh Qari cilik.
Siswa menyimak dengan seksama sambil melihat teks Arab dan Latinnya.
Tutor Sebaya Beraksi:
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3–4 orang).
Satu siswa yang lebih lancar menjadi tutor teman sebaya.
Tutor memimpin kelompok membaca ayat per ayat dengan pengulangan (drill).
Latihan Mandiri:
Siswa berlatih membaca sendiri, lalu menirukan kembali melalui video/audio yang ditayangkan guru.
Latihan Menulis:
Siswa diminta menyalin ayat 1–5 dalam huruf Arab dan Latin di buku tulis.
🔸 Penutup (10 menit)
Refleksi: “Apa yang kamu pelajari hari ini?”
Guru dan siswa bersama-sama membaca ulang surat Al-‘Alaq ayat 1–5.
Guru memberikan apresiasi kepada tutor sebaya dan siswa yang aktif.
Refleksi: “Apa yang kamu pelajari hari ini?”
Guru dan siswa bersama-sama membaca ulang surat Al-‘Alaq ayat 1–5.
Guru memberikan apresiasi kepada tutor sebaya dan siswa yang aktif.
🎉 Kegiatan Tambahan (Joyful Learning):
Tebak arti ayat! Tutor memberi kata kunci, anggota kelompok menebak maknanya
Tebak arti ayat! Tutor memberi kata kunci, anggota kelompok menebak maknanya
🌟 Penutup:
Belajar Al-Qur’an itu menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bersama teman! Terus berlatih membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an, ya! Semoga Allah memberkahi ilmu kita semua 🤲
Kesimpulan
Sebagian besar murid telah mengetahui arti, jumlah surat, dan golongan surat Al-Alaq. Murid juga telah dapat membaca surat Al-Alaq dengan baik dan benar.
Kesimpulan
Murid telah dapat membaca surat An Nas dengan baik dengan benar, dengan metode tutor teman sebaya sebagian murid antusias dalam melafalkan surat An Nas saling membantu mengajarkan dan mengoreksi pelafalan surat An Nas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar